Pages

Selasa, 17 Mei 2011

“Semua Tentang Kita(Siswa Akselerasi)”

“Akselerasi adalah salah satu jalan bagi siswa-siswa yang ingin cepat menikah. (hahaha)” kalimat celetukan tersebut sering juga muncul ketika kita mendengan kata “Akslerasi”. Namun apa sih sebenarnya akselerasi itu?
Apa yang dimaksud dengan Akselerasi?
Akselerasi dalam dunia pendidikan adalah program percepatan belajar. Pendidikan SMA dapat dipercepat menjadi 2 tahun saja. Lalu bagaimanakah cara kerja program Akselerasi? Dalam program akselerasi, pendidikan satu semester hanya ditempuh dalam 4 bulan saja. Jadi, setiap 8 bulan akan diadakan Ulangan Kenaikan Kelas.
“Asik dan Tidaknya tergantung yang menjalani.” Kata Isnaini Rahmawati siswa akselerasi di SMA N 1 Sukoharjo.
Cara membagi waktu
Seorang akseleran harus dapat membagi waktu dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Karena jika ia tidak dapat membagi waktu dengan baik, maka ia akan kerepotan sendiri. Ketika belajar seorang akseleran haruslah berkonsentrasi penuh terhadap pelajaran, namun ketika waktunya istirahat, ia juga harus tetap bersenang-senang agar tidak jenuh. Karena otak juga harus diistirahatkan.
“Masuk akselerasi terkadang juga merasa bangga, dan yang paling membuat saya merasa sebagai siswa akselerasi adalah saat saya akan menginjak Ujian Semester, pasti sibuk banget.” Ungkap Mega Nur Cahyaningsih yang juga seorang akseleran SMA N 1 Sukoharjo saat dihubungi penulis.
Cara belajar
Mungkin pada umumnya cara belajar siswa akselerasi sama saja dengan siswa-siswa lain, hanya saja intensitas balajarnya lebih padat. Misal ketika siswa lain diliburkan, siswa-siswa akselerasi tetap masuk untuk tetap mengikuti pelajaran seperti biasa demi tercapainya materi pelajaran. Namun sayangnya karena kesibukan para guru jadwal ada juga yang kosong, dan pastinya itu akan berakibat buruk kepada siswa akselerasi karena waktu pertemuan KBM menjadi terpotong.
Hiburan
Setelah menjalani Ujian Semester biasanya akan diadakan outbound atau kegiatan di luar kelas lain yang tentunya selain untuk hiburan juga bermanfaat untuk menambah pengetahuan. Jadi pikiran akan menjadi lebih segar dan selanjunya akan lebih mudah menerima pelajaran pada semester selanjutnya.
“Akselerasi itu program percepatan belajar yang ada di SD, SMP, maupun SMA. Tempat saya menimba ilmu dan bertemu dengan teman-teman yang seru.” Ujar Fitriana Nur Hasanah Aji Pramesti siswa kelas XI IA Akselerasi yang dapat menggambarkan tentang bagaimana serunya menjadi seorang akseleran
Nah, itulah semua tentang Akselerasi. 

Penulis : Eka Ummul IstiQomah

0 komentar:

Posting Komentar